Senin, Maret 02, 2009

PERINGATAN HARI ULANG TAHUN BADAN SAR NASIONAL KE 37

Badan SAR Nasional telah menapakkan keberadaannya selama 37 tahun. Telah banyak peristiwa yang mewarnai lika liku perjalanan panjang Badan SAR Nasional sebagai organisasi teknis pemerintah dalam hal penanggulangan musibah pelayaran dan penerbangan serta bencana alam. Dalam perjalanannya ini, Basarnas yang sebelumnya bertanggung jawab kepada Menteri Perhubungan kini telah keluar dari Departemen Perhubungan dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI. Badan SAR Nasional kini berubah menjadi Lembaga Pemerintah Non Kementerian.
Perubahan status ini otomatis mengubah cara pandang konvensional yang dulu pernah dipakai karena dengan status seperti sekarang ini, tuntutan masyarakat terhadap peran serta tim SAR dalam setiap kecelakaan, tidak hanya penerbangan dan pelayaran, akan semakin tinggi. Hal ini akan menjadi tantangan Badan SAR Nasional, khususnya bagi Kantor SAR dan Pos SAR yang ada di daerah.
Kantor SAR Kupang memaknai ulang tahun peringatan 37 tahun Basarnas dengan berbagai cara. Peningkatan sumber daya manusia tentunya menjadi agenda utama dari waktu ke waktu agar Kantor SAR Kupang bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat Nusa Tenggara Timur. Kantor SAR Kupang juga meramaikan peringatan ultah Basarnas kali ini dengan berbagai macam perlombaan antar pegawai mulai dari lomba catur, tenis meja ganda dan tunggal, domino ganda dan tunggal, lomba anak – anak, dan bakti sosial ke panti asuhan, serta tak lupa pula memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar kantor dengan membantu mereka membersihkan sungai agar tidak mudah banjir. Kegiatan bersih sungai ini juga didukung oleh pihak Kelurahan Penfui, Kupang (lokasi Kantor SAR Kupang), Paskhas TNI AU El Tari Kupang, dan masyarakat sekitar sungai. Pada kesempatan kali ini, Kantor SAR Kupang juga kedatangan tamu dari teman – teman Pramuka Tuna Rungu dari Makassar, Sulawesi Selatan yang mengadakan perjalanan tour keliling Indonesia dan manca negara.
Photobucket
(lomba catur antara Asfan Dulhasan dan Nuryadi, foto : Ferry Yulianto)

Photobucket
(lomba tenis meja : babak penyisihan yang sangat seru, foto : Ferry Yulianto)

Photobucket
(lomba domino : jadi hiburan selingan ketika tidak ada musibah, foto : Ferry Yulianto)

Photobucket
(lomba makan kerupuk untuk karyawati Kantor SAR Kupang, foto : Ferry Yulianto)

Photobucket
(pembagian hadiah untuk lomba anak - anak oleh Ibu Listyawati, foto : Yudha P. Kusuma)

Photobucket
(serunya anak - anak lari dalam lomba, foto : Yudha P. Kusuma)

Photobucket
(anggota pramuka tuna runggu dari makassar berpose bersama karyawan karyawati Kantor SAR Kupang, foto : Ferry Yulianto)

Photobucket
(bersih - bersih sungai yang sering menyebabkan banjir di sekitar Kelurahan Penfui, Kupang, foto : Ferry Yulianto)

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Basarnas ke 37 juga diadakan di Kantor SAR Kupang. Namun, upacara tidak bisa dilaksanakan pada tanggal 28 Februari dimana pada tanggal tersebut adalah hari jadi Basarnas melainkan pada hari Senin, 2 Maret 2009. Dalam kesempatan kali ini, Kepala Kantor SAR Kupang menyerahkan penghargaan Lencana Karya Satya kepada para pegawai yang telah mengabdi kepada negara selama 10 tahun dan 20 tahun serta pemberian SK (Surat Keputusan) CPNS yang diwakili oleh salah satu CPNS Tahun 2008. Upacara berlangsung khidmad selama kurang lebih 30 menit dengan pembawaan Sambutan Kepala Badan SAR Nasional yang dibacakan oleh Bpk. Hery Sasongko,SE selaku Kepala Kantor SAR Kupang.
Photobucket
(Kakansar Kupang, Bpk. Hery Sasongko,SE memberikan sambutan Kepala Badan SAR Nasional dalam rangka Peringatan HUT Basarnas ke 37, foto : Ferry Yulianto)

Photobucket
(penyerahan Lencana Karya Satya dan SK CPNS Angkatan 2008, foto : Ferry Yulianto)

Photobucket
(peserta upacara peringatan HUT Basarnas 37 tahun di Kantor SAR Kupang, foto : Ferry Yulianto)

Dalam Kesempatan kali ini, Kantor SAR Kupang juga mengundang beberapa potensi SAR yang selama ini selalu mendukung kegiatan operasi SAR di Kupang secara khusus dan Nusa Tenggara Timur secara umum. Ibu – ibu Dharma Wanita Kantor SAR Kupang serta masyarakat sekitar kantor juga turut meramaikan acara syukuran kali ini. Ada yang unik pada kesempatan kali ini. Saat para undangan tengah menikmati makanan, tiba – tiba rescue truck Kantor SAR Kupang, meluncur keluar dari tempat parkir bersama 5 (lima) orang rescuer. Ternyata, pada saat yang bersamaan telah diterima telepon dari seorang pelapor yang mengadukan bahwa seorang wanita yang tengah hamil berusaha naik ke tower salah satu operator selular untuk bunuh diri. Dengan sigap dan cepat, Tim SAR Kupang segera meluncut ke TKP (tempat kejadian perkara) untuk mengevakuasi korban. Hal ini seperti hadiah sekaligus bukti nyata kepada masyarakat bahwa keberadaan Kantor SAR Kupang beserta Tim SAR_nya sangat membantu dengan cara menunjukkan keberhasilannya (sekali lagi) mengevakuasi korban untuk turun dari tower menggunakan alat mountainaring.
Photobucket
(pemberian potongan tumpeng kepada karyawan tertua, Mathias Leba, foto : Ferry Yulianto)

Photobucket
Photobucket
(para undangan menikmati hidangan yang telah disediakan, foto : Ferry Yulianto)

Photobucket
(korban sedang dievakuasi dari tower, foto : Yudha P. Kusuma)

Photobucket
(korban berhasil dievakuasi dan segera dilarikan ke rumah sakit W.Z. Yohanes, Kupang, foto : Yudha P. Kusuma)

Sebagai penutup, hikmah dan pelajaran dari peringatan Hari Ulang Tahun Badan SAR Nasional ke 37 kali ini adalah kita harus terus meningkatkan profesionalitas kerja dengan semboyan “work for humanity” (bekerja demi kemanusiaan) sehingga rasa ingin menolong sesama tidak tercemari oleh egoitas pribadi. Selain daripada itu, peringatan hari jadi kali ini diharapkan menjadi titik awal sebuah perubahan untuk meningkatkan sumber daya manusia agar insan SAR semakin baik dan terus meningkat dari hari ke hari seiring lahirnya Basarnas sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian.


Humas Kantor SAR Kupang,
Ferry Yulianto,SS

Tidak ada komentar: