Kamis, Oktober 09, 2008

Mari Berdiskusi Tentang SAR

Search And Rescue (SAR) sudah lama dikenal masyarakat sebagai tim penolong dalam berbagai musibah di tanah air ini. Berbagai bencana telah menorehkan tinta dalam kertas sejarah bahwa tim SAR telah memberikan yang terbaik untuk kemanusiaan.

Pada mulanya, SAR terbentuk karena desakan dari pihak luar bahwa suatu negara dapat disinggahi oleh pesawat dan kapal laut komersial dari negara luar apabila negara tersebut telah mempunyai organisasi SAR. Hal ini disebabkan karena apabila terjadi sesuatu yang paling buruk terhadap alat transortasi tersebut, tim SAR dapat memberikan pertolongan yang tentunya sesuai dengan prosedur penyelamatan profesional yang mengacu kepada tata cara operasi SAR yang baik dan benar.

Seiring berjalannya waktu dan pengembangan organisasi yang terus berkembang, maka muncullah nama Badan SAR Nasional sebagai pengganti Basari atau Badan SAR Indonesia. Badan SAR Nasional salah satunya mempunyai perwakilan di Kupang, Nusa Tenggara Timur untuk mem_back up seluruh wilayah kerja NTT. Dalam perkembangannya, saat ini Kantor SAR Kupang sendiri mempunyai 2 (dua) Pos SAR di Flores, yaitu : Pos SAR Maumere dan Pos SAR Labuhan Bajo.

Tekad kami adalah memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan tentunya dengan prosedur keamanan (safety first) dimana keamanan penolong (rescuer) tetap menjadi prioritas karena pada saat di medan musibah, korban tetaplah korban. Namun, penolong apabila meninggalkan prosedur maka bisa berubah "status" menjadi korban.

Oleh karena itulah, Kantor SAR Kupang memberikan ruang kepada masyarakat Nusa Tenggara Timur dimanapun berada untuk memberikan opini dan kritik kepada kami selaku abdi negara dan pelayan masyarakat apabila terdapat sesuatu yang kurang maupun lebih yang ada pada instansi kami, Kantor SAR Kupang.

Terima Kasih,

Humas Kantor SAR Kupang

Tidak ada komentar: