Rabu, Oktober 08, 2008

Pengumuman Penerimaan CPNS Badan SAR Nasional

Pada hari Rabu, 08 Oktober 2008 telah dibuka secara resmi pengumuman penerimaan CPNS Badan SAR Nasional untuk penerimaan Kantor SAR Kupang.

Untuk informasi lebih lengkap, harap datang ke Kantor SAR Kupang dengan alamat Jl. Adi Sucipto Penfui, Kupang, Bandara El Tari Kupang.

Berikut beberapa informasi yang dapat kami sampaikan:

BADAN SAR NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

P E N G U M U M A N :
Nomor : Peng. 48 / X / 2008

1. Dengan ini diberitahukan bahwa Badan SAR Nasional memberi kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang berijazah Diploma III dan SMA/STM untuk mengikuti Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2008.

2. PERSYARATAN UMUM

a. Warga Negara Indonesia.

b. Berijazah Diploma III dan SMA/STM atau yang disetarakan.

c. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau Nilai Ebtanas Murni (NEM) atau Nilai Ujian Nasional (NUN) sebagai berikut :

• Diploma-III, lulusan perguruan tinggi Negeri / Swasta yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan IPK sekurang-kurangnya 2,75 (Dua koma tujuh lima).

• SMA/STM, memiliki nilai rata-rata Nilai Ebtanas Murni (NEM) atau Nilai Ujian Nasional (NUN) sekurang-kurangnya 6,0 ( enam koma nol).

d. Apabila jumlah peserta yang memenuhi ketentuan melebihi jumlah peserta ujian yang ditentukan, Panitia memberlakukan sistem rangking berdasarkan nilai IPK / Nilai Rata-rata NEM/NUN dan persyaratan lain yang ditentukan.

e. Berusia :

• Serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun pada tanggal 1 Desember 2008

• Setinggi-tingginya 25 (dua puluh lima) tahun untuk jabatan rescuer dan 35 (tiga puluh lima) tahun untuk jabatan non rescuer pada tanggal 1 Desember 2008

f. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan tindak pidana kejahatan.

g. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta.

h. Tidak berkedudukan sebagai calon / Pegawai Negeri.

i. Berkelakuan Baik.

j. Sehat Jasmani dan Rohani.

k. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

5. PERSYARATAN PENDAFTARAN
Waktu dan Tempat :
a. Berkas lamaran dikirim paling lambat 5 (lima) hari sejak diumumkan (Cap Pos terakhir tanggal 12 Oktober 2008) melalui PO.BOX 01 Kupang Airport 85361 ;

b. Pelamar wajib mengirimkan kelengkapan administrasi berupa :
1) Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan tinta hitam dan ditandatangani oleh pelamar serta ditujukan kepada Kepala Badan SAR Nasional (Up. Tim Pelaksana Pengadaan CPNS)
Contoh :
Kepada Yth : KEPALA BADAN SAR NASIONAL
Up. TIM PELAKSANA PENGADAAN CPNS TAHUN 2008

2) Salinan/Fotocopy Ijazah Diploma-III dan SMA/STM Sederajat yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (Ijazah dan Surat Keterangan Lulus Sementara tidak berlaku);
3) Salinan/Fotocopy Daftar Nilai (Transkrip) untuk Diploma-III dan SMA/STM Sederajat, Daftar Nilai Ebtanas Murni (NEM) atau Nilai Ujian Nasional (NUN) untuk SMA/STM yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
4) Daftar Riwayat Hidup ditulis tangan sendiri;
5) Pas Photo terbaru berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 5 (Lima) lembar dengan mencantumkan nama pelamar dan jabatan yang dilamar dibalik pas photo;
6) Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 1 (satu) lembar;
7) Foto Copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebanyak 1 (satu) lembar;
8) Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah yang menyatakan sehat jasmani dan rohani, dan menyebutkan tinggi dan berat badan;
9) Foto Copy sertifikat keterampilan/kursus yang pernah diikuti (Bhs. Inggris, Komputer, dll.);
10) Surat keterangan belum menikah dari RT/RW (khusus untuk jabatan Rescuer);
11) Surat pernyataan bermaterai (asli) bersedia tidak menikah selama 2 (dua) tahun sejak diangkat sebagai CPNS (khusus untuk jabatan Rescuer);
12) Dalam lamaran harus menyebutkan nama jabatan yang akan dilamar;
13) Lamaran disampaikan dengan map biru (untuk D-III), map merah (untuk SMA/STM atau yang disetarakan), dengan mencantumkan nama jabatan dan kode jabatan yang dilamar serta kualifikasi dan kode pendidikan pada sudut kanan atas map, mencantumkan No Telp/HP yang mudah dihubungi dan dikirim dengan menggunakan amplop tertutup ditujukan ke PO BOX setempat;

c. Peserta yang memenuhi persyaratan/ditetapkan Lulus Seleksi Administrasi akan diumumkan pada website www.basarnas.go.id (khusus Pelamar pada Kantor Pusat Basarnas) dan papan pengumuman pada tiap Kantor SAR penyelenggara untuk pengambilan Kartu Ujian/Tanda Peserta Seleksi (TPS) yang pengambilannya tidak boleh diwakili, dengan membawa bukti diri dan Ijazah Asli, untuk selanjutnya berhak mengikuti Pra Tes (Seleksi fisik, kesehatan, kesemaptaan dan keterampilan/keahlian).

d. Apabila peserta yang memenuhi persyaratan di atas belum menerima panggilan, maka pengumuman melalui website dianggap sebagai panggilan yang sah.


6. PELAKSANAAN SELEKSI

a. Seleksi Administrasi berdasarkan sistem ranking, dan persyaratan lain yang ditentukan. Pengumuman kelulusan direncanakan pada tanggal 20 Oktober 2008;
b. Pra Tes, (Seleksi fisik, kesehatan, kesamaptaan, keterampilan/keahlian), meliputi: Lari 12 menit, Pull Up, Sit-Up, Push-Up, Shuttle Run, dan renang yang direncanakan pada tanggal 22 s/d 27 Oktober 2008 (atau menyesuaikan lokasi setempat);
c. Seleksi Tertulis, berupa Tes Pengetahuan Umum (TPU) dan Tes Bakat Skoslatik (TBS) yang direncanakan pada tanggal 4 Nopember 2008;
d. Setiap Tahapan Seleksi/Tes dilaksanakan dengan Sistem Gugur berdasarkan ranking;
e. Pelamar/Peserta yang lulus tiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui papan pengumuman lokasi/tempat pendaftaran pada masing-masing Kantor SAR penyelenggara, khusus untuk lokasi Jakarta pada website dengan alamat www.basarnas.go.id;
f. Pelamar diwajibkan mengikuti perkembangan informasi melaui media pengumuman yang sah dimaksud diatas, dan apabila terjadi kelalaian ketertinggalan informasi menjadi tanggung jawab pelamar.


7. LAIN – LAIN

a. Surat lamaran yang dikirim sebelum pengumuman ini dinyatakan tidak berlaku;
b. Panitia tidak melayani lamaran yang diserahkan langsung selain melalui PO. BOX yang telah ditentukan;
c. Dalam seleksi pengadaan CPNS Dephub, pelamar tidak dipungut biaya apapun;
d. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap segala pungutan yang dibebankan kepada para pelamar yang mengatasnamakan panitia;
e. Bagi mereka yang dinyatakan lulus seluruh proses seleksi tetapi mengundurkan diri wajib mengganti biaya yang telah dikeluarkan Panitia sebesar Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah)
f. Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.

Tidak ada komentar: